Rabu, 08 Agustus 2012

Media Player Untuk Segala Jenis Media

Mungkin Anda pasti tahu hanya VLC Media Player satu-satunya media player open source yang sanggup menjalankan segala jenis codec. Karena VLC hanya membutuhkan sedikit resources komputer, aplikasi ini pun sudah terinstall di jutaan komputer. Namun tampaknya VLC mendapat saingan baru yang sama-sama berjenis open source. Universal Media Player atau yang lebih dikenal dengan UMPlayer adalah media player yang mulai mendapat perhatian akhir-akhir ini.

UM Player, salah satu aplikasi terbaik untuk memutar Video pada komputer

Selain open source aplikasi ini juga hanya memakan sedikit resources komputer. UMPlayer juga sanggup menjalankan segala jenis format file video maupun audio. Tanpa memerlukan plugin tambahan aplikasi ini juga dapat memainkan segala jenis media dari internet baik itu video maupun audio. Jika Anda menginginkan media player yang sanggup diandalkan UMPlayer menjadi salah satu pilihan yang tepat.
UMPlayer yang berbasis Qt ini dapat Anda unduh di http://www.umplayer.com/. Installernya bersifat online sehingga Anda membutuhkan koneksi internet, hal ini diperlukan karena UMPlayer akan menyesuaikan instalasi sesuai dengan jenis chipset komputer Anda. Setelah itu Anda dapat menginstall UMPlayer seperti biasa. Biasanya saat menjalankan UMPlayer untuk pertama kalinya aplikasi ini akan mendata semua font yang terinstall di komputer, hal ini untuk Anda yang ingin mengganti jenis font subtitle.
Seperti yang telah disebutkan aplikasi ini mampu melakukan streaming video ataupun audio dari internet. Untuk dapat melakukan streaming Anda tak perlu menginstall plugin tambahan lagi. Anda tinggal ketik nama video di toolbar search, untuk saat ini hanya ada 2 pilihan pencarian yaitu Youtube dan Shoutcast. Namun masih dimungkinkan untuk menjalankan streaming dari internet dengan memasukkan url yang ada.
Untuk menjalankan streaming video khususnya Youtube, UMPlayer benar-benar bisa diandalkan. Streaming mampu berjalan lancar, dengan sistem pencarian yang terbagi dari tiga kategori Most Relevant, Most Recent, dan Most Viewed. Dan untuk Shoutcast Anda tinggal ketik nama artis, judul lagu maupun genre di kolom search. UMPlayer akan menemukan dan memainkannya untuk Anda.

Aplikasi favorite yang bisa digunakan untuk memutar Video pada Windows

Jika Anda termasuk penggemar media streaming khususnya Youtube mungkin Anda merasa jengkel karena UMPlayer tidak bisa mereplay lagi video yang telah diputar. Tak lain UMPlayer sengaja memberi cache sekitar 2000kb, namun tak usah khawatir Anda tetap diberi kebebasan untuk merubah nilai cache yang ada. Caranya dengan klik Options lalu klik Preferences di kolom sebelah kiri klik Performance dan klik di tab Cache. Disini Anda bisa mengatur nilai cache yang diperlukan, terdapat beberapa nilai cache yang bisa diubah untuk beberapa media lainnya. Jangan lupa sesuaikan dengan sisa ruang harddisk yang ada.

UMPlayer, generasi terbaik dan terbaru untuk memutar Video pada Windows

Oh ya, tak hanya mumpuni untuk media streaming UMPlayer juga dapat merekam video langsung dari Youtube. Agar didapat hasil yang bagus Anda tinggal buka kembali menu Preferences lalu Performance dan klik tab Youtube. Di menu ini Anda bisa menentukan resolusi video untuk streaming atau recording dan jenis format hasil rekaman.

umplayer#5

Kelebihan lain dari UMPlayer adalah aplikasi ini juga mampu mencarikan subtitle untuk video Anda. Caranya pun mudah Anda tinggal klik tombol yang berlogo huruf A yang terdapat di toolbar. Dan UMPlayer akan mencarikannya untuk Anda, hasil pencariannya pun cukup lengkap terdapat pilihan berbagai bahasa yang dapat Anda gunakan tanpa perlu repot-repot mencarinya di Google.

Contuoh pengaturan UMPlayer

Dengan semua fitur yang dimilikinya UMPlayer juga tak lupa menyertakan berbagai variasi skin yang dapat Anda ubah sesuai selera tanpa perlu mendownloadnya lagi. Terdapat 6 skin yang bisa Anda ubah. Dengan menggunakan UMPlayer Anda tak perlu repot menggunakan beberapa media player yang hanya mampu menjalankan beberapa video saja. Dengan aplikasi ini pun Anda bisa streaming video dari Youtube dengan cepat. Nah, Selamat mencoba!

Description: Media Player Untuk Segala Jenis Media Rating: 5 Reviewer: Id Bloger ItemReviewed: Media Player Untuk Segala Jenis Media
Didi
Didi Trihartono Updated at: 10:03:00 AM